Our Happy Project

Home Education Journey

Berkunjung ke Dua Masjid di Semarang



Saat berkunjung ke daerah lain, tempat apa nih yang biasanya ingin dituju? Pasti ingin ke tempat wisata ya. Selain ke tempat wisata, kalau memungkinkan kami juga ingin mengajak anak ke museum, perpustakaan, pusat kota, dan masjid di daerah tersebut. Di Semarang kami berkesempatan mengunjungi dua masjid besar di hari yang sama.

Masjid Agung Kauman, Semarang

Masjid pertama yang kami datangi adalah Masjid Agung Kauman yang sering juga disebut sebagai Masjid Agung Semarang. Masjid ini terletak di jalan Aloon-Aloon Barat, kota Semarang. Kami mengunjungi masjid ini setelah berkeliling Kota Tua Semarang. Letaknya tidak begitu jauh dari Kota Tua dan jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.




Di depan masjid ini ada sebuah alun-alun yang saat itu (tahun 2023) sedang dalam proses renovasi. Masjid bercat hijau ini ternyata sudah ada sejak abad ke-16 dan terbakar karena petir pada tahun 1885. Masjid ini kemudian dibangun kembali atas prakarsa Asisten Residen Semarang G.J Blumme dan Bupati Semarang Tumenggung Raden Tjondrodipoero dengan insinyur G.A Gambier sebagai arsitek. 




Karena kami berkunjung pada hari Jumat, jadi anak-anak bisa merasakan sholat Jumat di masjid ini. Sambil menunggu jamaah pria yang sedang sholat, saya duduk-duduk di dekat tempat penitipan alas kaki. Saya sempat mengobrol juga dengan ibu-ibu yang sedang menunggu keluarganya.




Salah satu alasan mengapa masjid menjadi salah satu tempat yang ingin dikunjungi saat ke daerah lain adalah supaya bisa berinteraksi dengan warga setempat. Selain itu anak-anak juga bisa merasakan sholat Jumat berjamaah di tempat tersebut.




Masjid Raya Baiturrahman, Semarang

Masjid kedua yang kami datangi hari itu adalah Masjid Raya Baiturrahman, Semarang. Masjid ini terletak di Simpang Lima, Kota Semarang. Kami menuju kawasan Simpang Lima dengan menggunakan ojek online. Sebelum ke masjid, kami makan siang dulu di Mall Ciputra setelah itu baru deh sholat ashar di masjid. 






Masjid Raya Baiturrahman mulai dibangun tahun 1968 dan selesai tahun 1974. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Soeharto. Di kompleks masjid ini juga terdapat kantor MUI Jawa Tengah serta sekolah TK dan SD.






Karena kawasan Simpang Lima merupakan salah satu lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan, yang datang ke masjid ini untuk melaksanakan sholatpun bukan hanya warga setempat saja. Selesai sholat kita bisa duduk sejenak di area depan masjid dan menikmati suasana di sekitar Simpang Lima. 






Berdasarkan artikel yang saya baca, masjid yang disarankan untuk dikunjungi kalau main ke kota Semarang tidak hanya dua masjid ini saja. Tapi karena kami hanya 5 hari 4 malam di Semarang (plus waktu perjalanan pergi pulang dan acara keluarga), jadi belum bisa mampir ke masjid lain deh. Semoga di kesempatan lain bisa main-main ke kota Semarang lagi! 





Comments

  1. walaupun sedang berwisata, tetap tidak lupa menjalankan ibadah ya mbak, keren sekali

    ReplyDelete
  2. Semarang banyak memiliki lokasi bagus pastinya. Saya pernah ke Semarang tapi hanya sempat mengunjungi lokasi wisata komersil saja seperti sam po kong, dll. Ke mesjid seperti kaiman dan Baiturrahman ini malah tidak tahu.
    Semoga kedepannya ada kesempatan bisa mengunjungi ya
    Aamiin...

    ReplyDelete
  3. Wisata religius yang paling aku sukaa..
    Ke Masjid.

    Karena kalau uda di masjid bawaannya adeemm... meski di luar sepanas apapun.
    Dan aku belum pernah ke kedua masjid di Semarang yang disebutkan ka Heni, Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Kauman. Aku pernahnya ke Masjid Agung Jawa Tengah yang ada payung buka-tutup kaya di Masjidil Haram, Madinah.

    ReplyDelete
  4. pas banget momennya kakak sekeluarga ke sana di hari Jumat, jadi sambil merasakan juga ya sensasi solat jumat di sana, terlebih buat anak-anak jadi dapat vibesnya

    ReplyDelete
  5. Dulu pas aku sering main ke Semarang, kalau ke Simpang Lima sholatnya juga pasti di Masjid Baiturrahman. Letaknya sangat stategis dan sebelahan dengan mall.

    ReplyDelete
  6. Emang benar, ketika berkunjung ke daerah lain menyambangi masjid menjadi salah satu tujuan. Senang rasanya jika kebutuhan rohani didapat berbarengan.

    ReplyDelete
  7. Aku kalau ke sebuah daerah yang ingin aku kunjungin ke pasar dan masjidnya, soalnya dua itu suka bikin penasaran karena banyak hal spesial atau khas yang ada. Apalagi kalau sentuhan tradisionalnya masih kental ya mak

    ReplyDelete
  8. Semarang bener-bener memesona dengan bangunan-bangunannya yang cantik. Udah lama ga berkunjung ke sini puluhan tahun. Semoga bisa mampir juga ke kedua masjib ini. Adem dan berasa napak religi dengan mampir ke masjid-masjid.

    ReplyDelete
  9. Kalau sempat mengunjungi Semarang lagi, wajib ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), mbak. Masjid pertama yang menjadi replika Nabawi pada saat awal berdirinya loh. Ada payung raksasa juga seperti di Nabawi. Kebetulan saya tinggal dekat sekali dengan MAJT ini.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, saya sudah pernah berkunjung ke masjid Agung Semarang. Bentuknya yang indah dengan pekarangan yg luas. Saya berkunjung ke Semarang pada akhir tahun 2022 saat menghadiri muktamar Muhammadiyah di Surakarta. Jauh-jauh jalan ke Semarang untuk jalan di kota lama dan masjid Agung ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Our Happy Project by Keluarga Hasan
Mohon tidak berkomentar dengan kata kasar, spam, atau dengan link hidup ya
Terima kasih

back to top